Sabtu, 13 September 2014

Hello Sagaranten!

Kuliah Kerja Profesi (KKP) untuk mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Ekonomi yang dimulai dari tanggal 1 Juli 2014 sampai 27 Agustus 2014. Ditempatkan di daerah Sukabumi, hmmmm tepatnya di pedalaman Sukabumi sih karena membutuhkan waktu 2 jam dari Kota Sukabumi untuk sampai ke desa yang kita tuju. Mimpi buruk kan?! Iya sih awalnya gue mikir ini semua mimpi buruk, ninggalin Bogor selama 2 bulan, tapi ternyata gue salah! gue alhamdulillah ngerasa betah tinggal di desa tersebut. Oiya, nama desanya itu Desa Sagaranten :)

Terlalu panjang buat gue ceritain semua yang gue lakukan disana, tapi gue bakal cerita apa aja yang buat gue betah tinggal disana, dan kegiatan apa aja yang dilakukan disana.

Yang pertama adalah rumah, alhamdulillah kelompok Desa Sagaranten dapet rumah yang amat sangat layak dengan fasilitas 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, mesin cuci, tv, dapur beserta peralatan masaknya, pokoknya paket lengkap banget. Untuk menyewa rumah tersebut dikenakan biaya 1,5 per bulannya dan belum termasuk listrik. hufff, mahal juga ya...

Sebagian isi rumah

Kedua, temen kelompok gue yang asik-asik banget! Yaitu Faisal, Ridwan, Lita, Runnis, Anis, Nadya, dan Pristi. Gue udah ngga ngerti lagi deh sekelompok sama mereka kerjanya keketawaan melulu, kalau ngomong juga pada ngga disaring lagi ngasal semua, dan suka pada curhat-curhatan juga hahaha pokoknya klop banget lah kita.

Ketiga, lokasi Desa Sagaranten yang strategis. Maksudnya strategis disini itu deket sama pasar, indomaret, terminal sagaranten, pusat kecamatan Sagarantennya lah. Bukan strategis deket mall...... ngeliat indomaret disana aja udah berasa mall wkwk.
Ke empat, Warga Desa Sagaranten yang baik-baik banget, mereka semua welcome banget dengan kedatangan kita hihi alhamdulillah.

Ada beberapa kegiatan yang kita jalankan, pertama adalah penyuluhan tanaman vertikultur ke beberapa RW, lalu setiap RW ditugaskan untuk membuat tanaman vertikultur yang akan di lomba kan pada tanggal 18 Agustus 2014 sekalian memperingati hari kemerdekaan Indonesia. dan yang menjadi pemenangnya adalah RW 2 yeaay.

 Penyuluhan Tanaman Vertikultur

Kegiatan kedua adalah penyuluhan pupuk kompos ke para poktan di desa yang dilaksanakan di Posyandu Cibadak. Kegiatan ketiga adalah penyuluhan tentang pentingnya pendidikan di SMAN 1 Sagaranten, lalu yang ke empat adalah Program Kreativitas di SD Negeri 2 Sagaranten. Kegiatan ke lima adalah memberikan tilawah ke yayasan Raudhatul Mubarok.

  Penyuluhan Pupuk Kompos

Penyuluhan di SMAN 1 Sagaranten

Kegiatan ke 6 adalah mempersiapkan perlombaan di Kecamatan Sagaranten. Nah ini dia yang seru! Sebenernya yang sibuk mempersiapkan lombanya sih si Wandut sama Faisal. Gue cuma bantuin dikit-dikit aja nyahaha. Acara perlombaan berlangsung setelah upacara Hari Kemerdekaan di lapangan bola Pasanggrahan, setelah itu kita semua menuju Kantor Kecamatan Sagaranten untuk melihat lomba bikin tumpeng antar RW, yeay jadi makan gratis! Lalu menuju lapangan belakang untuk mempersiapkan lomba. Ada beberapa lomba yang diselenggarakan yaitu lomba balap karung, joget balon, makan kerupuk, masukan paku ke dalam botol. Yang berpartisipasi di lomba ini mahasiswa IPB dan warga desa, gue aja ikutan lomba joget balon sampe jatoh keguling di lapangan huhu. Acara berlangsung seru dan sukses yeaaay!

 Upacara Hari Kemerdekaan di Kecamatan Sagaranten

Setelah semua program selesai, kita sempat berlibur ke Pantai Tegal Beleud, lalu ngeliwet bersama Pak Lurah, lalu perpisahan ke semua perangkat desa, main ke pasar malem, belanja di pasar kaget, dll. Segitu aja sih cerita singkatnya hehe. Gue bakal kangen banget sama masa-masa KKP ini, tapi cuma kangen doang ya bukan pengen diulang lagi masa-masa KKP nya hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar